Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Sumber Listrik Alternatif Dalam Penerangan Jalan Raya

Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Sumber Listrik Alternatif Dalam Penerangan Jalan Raya

Energi alternatif banyak dibicarakan dan dikembangkan oleh ilmuwan sekarang terutama energi listrik. Tenaga surya atau solar cell merupakan keliru satu sumber energi alternatif yang dapat dikembangkan di Indonesia. Seluruh area membutuhkan energi alternatif untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka, dikarenakan tidak seluruh area terjamah oleh saluran listrik PLN Plts on grid .

Disaat bebepa area kekurangan energi, tapi terdapat energi gratis yang kita manfaatkan tiap tiap hari, tapi belum dimanfaatkan total manfaat berasal dari matahari tersebut. Solar cell pendeteksi cahaya merupakan suatu inovasi baru yang dirancang khusus untuk mengotomatisasi pengoperasian panel surya dan untuk lakukan optimalisasi pembangkitan energi listrik.

Penggunaan solar cel dikehendaki dapat lebih efisien dan hemat dalam penggunaan energi listrik sehingga dapat memajukan teknologi ramah lingkungan. Perancangan perangkat tersebut terdiri berasal dari solar cell sebagai alat konversi energi cahaya ke energi lisrik, perangkat charger driver, indikator level tegangan, LDR driver dan juga inverter. Berdasarkan hasil pengujian dan unjuk kerja berasal dari alat tersebut, alat bekerja cocok dengan yang diharapkan.

Pada bagian sensor, selagi sensor mendetek adanya cahaya, maka lampu pijar akan mati dan selagi sensor tidak mendetek adanya cahaya, maka lampu pijar akan nyala. Dan terhadap bagian pengisian aki akan mengisi seandainya kosong dan akan berhenti seandainya sudah penuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.