Oboe Pemula – Memilih Instrumen

Untuk pemain oboe pemula, langkah pertama dalam proses belajar cukup jelas, – untuk membeli instrumen untuk dimainkan. Ada sejumlah masalah yang perlu dipertimbangkan dalam membuat pilihan yang ideal. Ini mungkin dapat dibagi menjadi tiga isu utama;  jenis instrumen, biaya instrumen dan merek instrumen.

JENIS INSTRUMEN: Dikutip dari Pengrajin Drumband Ada dua sistem fingering utama untuk oboe. Ini adalah “Sistem Pelat Jempol” dan “Sistem Konservatori”. Sebagian besar fingering identik tetapi hanya ada beberapa perbedaan di sekitar fingering C & Bb di tengah instrumen. Saya tidak akan membahas lebih detail di sini. Taruhan terbaik Anda adalah berkonsultasi dengan pemain yang dapat mendemonstrasikan kedua sistem tersebut. Di Inggris sebagian besar pemain menggunakan sistem Thumb-plate sedangkan di Benua Eropa sebagian besar menggunakan Conservatoire. Setiap negara cenderung memiliki ‘sekolah’ permainan oboenya sendiri yang akan berfokus pada satu atau lain sistem. Pada akhirnya, itu tidak terlalu penting karena kedua sistem memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Anda akan menemukan bahwa orang-orang yang bermain di sistem Conservatoire mengklaim bahwa itu adalah yang lebih baik dan mereka yang bermain di Thumb-plate membuat klaim serupa. Jika Anda memiliki pelajaran dengan seorang guru biarkan dia membimbing Anda.

Beberapa obo profesional populer sekarang memiliki sistem gabungan yang menggabungkan kedua sistem jari pada satu instrumen. Jika Anda adalah pemain oboe pemula, kemungkinan besar Anda tidak akan bermain oboe seperti itu.

Ada juga masalah kualitas instrumen yang perlu dipertimbangkan. Beberapa petunjuk di sini akan dibahas pada bagian di bawah ini, tetapi ada tingkat instrumen yang berbeda, yaitu model siswa, model menengah, dan model profesional penuh. Perbedaan antara yang termurah dan yang paling mahal mencapai ribuan pound/dolar.

BIAYA OBOE: Ini rumit karena Oboe secara signifikan lebih mahal daripada seruling atau klarinet. Harga instrumen di Inggris berkisar dari sekitar £1000 untuk instrumen pelajar yang baik hingga sekitar £7000 untuk instrumen profesional. Selalu pergi ke spesialis oboe atau tiup kayu yang bereputasi baik untuk membeli instrumen dan bukan hanya mencari obo termurah yang dapat Anda temukan di eBay atau Anda mungkin akan mendapatkan instrumen dengan kualitas yang sangat meragukan. Oboe cukup menuntut untuk dimainkan bahkan ketika Anda memiliki instrumen yang bagus. Jika oboe Anda dibuat dengan buruk, itu akan menjadi mimpi buruk untuk dimainkan.

Banyak pengecer spesialis akan memiliki skema sewa dari satu jenis atau lainnya yang akan memungkinkan Anda untuk mencoba oboe untuk masa percobaan sebelum melakukan pembelian akhir. Sampai Anda mulai bermain, Anda tidak akan pernah bisa memastikan apakah Anda akan menggunakan instrumen tersebut atau tidak. Juga akan ada pengaturan keuangan untuk memungkinkan Anda menyebarkan biaya. Skema seperti ini biasanya hanya akan tersedia melalui toko spesialis yang ‘baik’. Pengaturan ini bisa sangat membantu pemain oboe pemula.

PEMBUATAN INSTRUMEN: Merek oboe yang akan Anda temukan akan tergantung di mana Anda berada di dunia. Di sini, di Inggris, kami memiliki, Howarth of London, yang memproduksi berbagai macam instrumen mulai dari pelajar hingga profesional. Instrumen mereka sangat bagus. Obo lain yang tersedia di Inggris adalah Loree, Marigaux, Ward & Winterbourne, Buffet dan Yamaha, yang semuanya merupakan instrumen berkualitas. Jika Anda tinggal di tempat lain, selidiki instrumen yang tersedia dan periksa manfaat relatifnya.

Kata terakhir tentang pembelian oboe, jika Anda tidak tahu persis apa yang Anda butuhkan, mintalah seseorang yang dapat memberi Anda nasihat yang terinformasi dan tidak memihak. Untuk pemain oboe pemula Anda hanya harus memiliki instrumen yang baik untuk memulai atau Anda akan menemukan seluruh pengalaman belajar yang sangat mengecewakan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.