Mobil Tua Masih Membuat Mobil Hebat

Jika Anda tidak terlalu spesifik tentang bau mobil baru itu, ada beberapa harta karun yang bisa ditemukan di pasar mobil bekas lokal. Ambil contoh Toyota AE86 Trueno, yang dibuat sangat populer di pasar lokal oleh anime bertema balap Jepang, Initial D dan untuk sementara waktu menjadi salah satu mobil paling keren untuk dilihat. Selain Trueno, ada mobil lain yang telah lolos dari rahang salvage yard. Di bawah ini adalah beberapa klasik yang kami temukan yang akan terus hidup bahagia dan hidup cepat lama jauh dari halaman memo.

Honda Civic EG9 (1992 – 1995)

Mobil yang hampir meroket di kalangan boyracers adalah Honda Civic EG9. Popularitasnya berasal dari kekuatan dan kemampuan mesin B16A VTEC-nya untuk menerima suku cadang dengan mudah. Selain itu, tampilan fasia depannya yang seperti hiu membuat banyak penggemar (boyracer pasti) terpesona.

Meskipun mesin stok Honda Civic Si EG9 hadir dengan 150bhp, cukup untuk mendapatkan rasa hormat baik di trek maupun di luar, industri tuning besar telah dibangun di sekitar versi ini saja.

Di kancah tuning AS, Civic EG9 ini masih merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan. Tuner masih memilih tumpukan lama untuk menghembuskan kehidupan baru (dan tenaga kuda) ke dalamnya dengan banyaknya suku cadang hop-up yang tersedia.

Apa yang harus diwaspadai?

Mobil yang berusia lebih dari 10 tahun mungkin memiliki jarak tempuh yang cukup tinggi. Hal pertama yang harus Anda periksa adalah suspensi. Bawa keluar untuk berkendara dan lihat apakah itu menyerap gundukan sebagaimana mestinya. Sebuah perjalanan yang menggelegar mungkin berarti bahwa suspensi ditembak. Periksa rem juga. Pastikan mereka masih menghentikan mobil tanpa menggunakan terlalu banyak tekanan pedal.

Jika Anda harus menginjaknya untuk menghentikannya, itu berarti kabel rem mungkin terlalu longgar atau kampas rem sudah aus. Terakhir, pastikan indikator peringatan ‘periksa mesin’ tidak menyala di dasbor. Jika lampu menyala, ini mungkin menunjukkan kesalahan serius pada mesin atau mungkin hanya sirkuit yang rusak tetapi akan lebih aman untuk pergi.

Mitsubishi Evolusi (Evo)

Mesin yang dikembangbiakkan reli ini membutuhkan sedikit pengenalan. Lahir dari tujuan Mitsubishi untuk memenangkan Kejuaraan Reli Dunia (WRC), Evo telah berkembang selama bertahun-tahun dengan kekuatan, kinerja, dan kecepatan yang lebih besar yang mencerminkan tujuan perusahaan. Untuk masuk ke WRC, sebuah mobil harus dihomologasi dan diproduksi dalam jumlah yang signifikan sebagai mobil jalan raya sebelum diizinkan masuk ke kompetisi.

Karena aturan ini, Mitsubishi memproduksi ribuan Evo tetapi mobil itu masih relatif tidak dikenal di luar Jepang. Alasannya karena showroom Mitsubishi di luar Jepang tidak membawa model tersebut dan hanya dapat diperoleh melalui impor swasta atau abu-abu. Karena sifat tidak resmi dari mobil, itu tidak diketahui oleh semua orang kecuali sebagian besar penggemar hardcore.

Evolution pertama teknowarta.com memiliki mesin 4G63 4-silinder segaris DOHC turbocharged dari Galant VR-4. Mesin menerima intercooler berkapasitas lebih besar, rasio kompresi yang lebih tinggi, konfigurasi port yang dimodifikasi, injektor baru, poros engkol yang lebih ringan, batang con dan piston.

Perubahan ini membawa tenaga mesin menjadi 250bhp @ 6.000rpm. Selain mewarisi mesin, Evo pertama juga mendapatkan transmisi driveline dari Galant juga. Ini dimodifikasi dengan synchromesh kerucut ganda pada gigi kedua untuk meningkatkan aksi perpindahan dan daya tahan, kopling yang ditingkatkan dan aksi pedal yang lebih positif juga ditambahkan.

Saat melakukan penelitian untuk artikel ini, saya menemukan permata Evolusi yang sangat langka. Saya berhasil menemukan satu dari hanya dua Evolution 3 di Singapura. Kenangan awal saya tentang Evolution 3 datang dari menonton Jackie Chan mengemudikan Evolution 3 kuningnya yang disetel sepenuhnya melalui jalan raya Hong Kong dalam uji kecepatan tinggi dalam film tahun 1995, Thunderbolt.

Evolution Saya diberi kesempatan langka (dan mungkin sekali seumur hidup) mengemudi adalah putih kutub Evolution 3 GSR. Evolution generasi ketiga dibangun pada tahun 1995 dengan hanya 5000 unit RS dan GSR yang pernah diproduksi. Itu menggunakan powerplant tipe 4G63 pemenang kejuaraan yang sama seperti pada Evolution pertama ditambah dengan turbo TD05H-16G-7 yang menghasilkan tenaga kuda puncak 270bhp @ 6.250rpm. Evolution 3 juga merupakan yang pertama dalam garis keturunan yang menerima sistem semprotan air intercooler twin-jet yang dioperasikan secara manual.

Salah satu peningkatan paling signifikan yang dibuat dalam Evolution 3 adalah aerodinamisnya. Kecepatan yang lebih tinggi yang dituntut di WRC membuat para insinyur memberi mobil desain ulang aerodinamis total. Bukaan bumper depan diperbesar, airdam yang lebih besar dengan saluran pendingin rem dan ground clearance yang lebih rendah mengurangi aliran udara di bawah bodi untuk menghasilkan downforce. Spoiler belakang yang lebih besar melengkapi pelengkap aerodinamis baru.

Apa yang harus diwaspadai?

Yakin bahwa Anda menginginkan Evolusi Anda sendiri? Inilah yang harus diwaspadai saat Anda berburu. Cari tanda-tanda asap knalpot abu-abu atau biru. Ini dapat menunjukkan bahwa mobil menggunakan terlalu banyak oli dan kemungkinan besar terkait dengan masalah silinder atau turbo dan memperbaiki / mengganti salah satu dari keduanya akan menjadi usaha yang mahal.

Asap putih baik-baik saja saat idle karena mesin Evolution diketahui menghasilkan kondensasi dalam kondisi cuaca tertentu. Asap hitam juga cukup normal terutama pada akselerasi keras dan bahkan lebih terlihat pada model tanpa cat. Periksa ruang mesin dan pastikan tidak ada kebocoran atau tumpahan, sabuk yang aus, dan selang yang rusak. Kondisi umum mesin dapat menunjukkan perawatan keseluruhan yang telah diterima mobil dari pemiliknya.

Evo hadir dengan sistem penggerak empat roda yang canggih dan bahkan lebih rumit pada mobil yang dilengkapi Active Yaw Control (AYC). Sistem ini dapat menghabiskan banyak uang untuk diperbaiki. Penting untuk memeriksa apakah gearbox dan kopling berfungsi dengan baik. Selama test drive, dengarkan erangan dari bagian belakang mobil saat berbelok ke kiri atau kanan karena ini dapat mengindikasikan masalah dengan diferensial AYC. Setiap rengekan yang Anda dengar dapat menunjukkan masalah dengan transmisi mobil atau kotak transfer. Jadi berikan perhatian khusus kepada mereka.

Sebagian besar komponen pada Evos dikendalikan oleh komputer dan masalah kemungkinan besar akan dicatat. Sebaiknya minta spesialis independen atau bengkel Ralliart untuk melakukan pemeriksaan untuk Anda dan meminta mereka untuk menghubungkan mobil ke komputer diagnostik Mitsubishi yang disebut MUT-II.

BMW E36 3-series (1990 – 2000)

Ini mungkin salah satu seri 3 paling ikonik yang pernah diproduksi. Sebuah hit besar dengan adegan tuning techno Eropa, beemer ini mungkin setara kontinental dari Honda Civic EG9. E36 menikmati kesuksesan besar di pasar dengan institusi tuning besar yang dibangun di sekitarnya. Mobil ini hadir dengan berbagai pilihan kapasitas untuk mesin 4 – 6 silindernya. Kapasitasnya berkisar dari 1,6 liter hingga model sport M3 3,2 liter unggulan.

Secara visual, E36 memotong tampilan agresif dari bagian depan dengan lampu depan quad individual dan kisi-kisi ginjal berbentuk persegi. Sebagian besar pemilik akan mengganti bumper bersahaja untuk bumper melebar dari M3 yang banyak tersedia dari tuner. Plonk pada spoiler besar dan Anda memiliki pembangkit tenaga listrik Euro techno. Jangankan kekurangan tenaga kuda selama Anda memiliki kuda-kuda M3 yang mengancam itu.

Ada pengikut E36 yang signifikan di Singapura. Pemilik yang antusias dan antusias berkumpul di forum BMW lokal untuk mendiskusikan segala hal tentang E36er mereka.

Selama penelitian untuk artikel ini, penulis mengalami kesulitan besar dalam mendapatkan E36 yang cocok untuk pemotretan. Itu sampai saya mendekati sekelompok pemilik pribadi yang murah hati ini di forum BMW. Mereka segera menawarkan mobil mereka kepada saya untuk pemotretan dan bahkan melemparkan saya kunci mereka untuk mengusir mereka sendiri untuk pemotretan.

Apa yang harus diwaspadai?

Mengingat mobil ini sudah ada sejak lama, ada baiknya untuk melihat lebih dekat dan mendetail pada E36 yang ingin Anda beli. Buka kap mesin dan cari tumpahan dan kebocoran yang jelas karena itu selalu merupakan indikasi yang baik dari perawatan keseluruhan yang diterima mobil. Pastikan Anda menyalakan mesin dari keadaan dingin (letakkan tangan Anda di kap mesin untuk melihat apakah sudah) karena mesin yang panas akan terdengar sangat berbeda dari yang dingin. Suara detak dari tappet hidrolik baik-baik saja. Putar mesin untuk melihat apakah asap dari knalpot tampak biru, itu mungkin berarti segel batang oli rusak. Ini bisa menjadi masalah dan mahal untuk diperbaiki.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.