Mempersiapkan Siswa Untuk Matematika SMA

Panduan Untuk Guru Sekolah Dasar

Daftar Keinginan Guru Matematika SMA

Apa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ketika lebih banyak siswa menyelesaikan sekolah menengah dan mencari pendidikan tinggi, adalah pertumbuhan orang tua yang menginginkan anak-anak mereka untuk belajar Matematika di tingkat yang lebih tinggi. Mereka melihat Matematika sebagai kunci untuk masuk perguruan tinggi dan bersikeras bahwa anak-anak mereka diberi kesempatan untuk melakukan mata pelajaran pada tingkat tertinggi bahkan mungkin bertentangan dengan saran sekolah tentang masalah tersebut.

Oleh karena itu, guru Matematika sekolah menengah harus mengajar hampir semua siswa selama bertahun-tahun di sekolah menengah, terlepas dari kemampuan bawaan mereka dalam mata pelajaran tersebut.

Tren ini tidak akan hilang dan guru sekolah menengah membutuhkan bantuan guru sekolah dasar untuk mempersiapkan siswanya memasuki kerasnya Matematika sekolah menengah.

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya sebagai guru Matematika sekolah menengah dan sebagai Kepala Matematika yang sering harus menasihati orang tua tentang apa yang terbaik untuk siswa mereka dalam mata pelajaran tersebut. Banyak dari apa yang saya tulis di sini disajikan kepada guru sekolah dasar dalam lokakarya tentang topik tersebut.

Sebagian besar, jika tidak semua poin yang saya buat dalam artikel ini, akan diketahui oleh guru sekolah dasar yang berpengalaman sehingga lebih ditujukan untuk mereka yang baru mengenal profesi.

Matematika adalah disiplin mata pelajaran di mana siswa harus mengembangkan pemahamannya tentang Matematika. Aturan dan prosedur pembelajaran hanya dapat membawa siswa sejauh itu. Ini tidak akan membantu dalam dunia modern kehidupan nyata masalah Matematika dalam konteks asing.

Untuk membantu mempersiapkan siswa menghadapi Matematika sekolah menengah, guru sekolah dasar atas perlu mencoba mengembangkan hal-hal berikut dalam diri siswa mereka.

Sebuah etos kerja dan salah satu yang memotivasi diri sendiri. Seringkali, siswa di Matematika perlu bekerja sendiri dan tanpa bantuan.

Sebuah etika pekerjaan rumah. Kecepatan pengajaran persyaratan silabus rpp sd smp sma smk di sekolah menengah ditentukan oleh otoritas luar. Artinya, guru harus meliput silabus yang diamanatkan dalam waktu tertentu. Bagi siswa, ini berarti bahwa pekerjaan rumah merupakan bagian penting dari proses belajar jika ia ingin mengikuti kecepatan mengajar.

Sebuah etika belajar. Adalah penting bahwa siswa belajar bahwa pekerjaan rumah tidak sama dengan belajar.

Sebuah keyakinan bahwa semua siswa dapat melakukan beberapa Matematika.

Pemahaman bahwa Matematika adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari dan kita semua melakukan hal-hal Matematika dengan sukses setiap hari, seringkali secara otomatis.

Keyakinan siswa bahwa mengajukan pertanyaan dalam Matematika adalah hal yang ‘keren’ untuk dilakukan.

Sebuah keyakinan pada siswa bahwa Matematika adalah uniseksual, bukan hanya untuk anak laki-laki.

Di bawah ini adalah daftar apa yang saya sebut persiapan penting yang tidak secara langsung Matematika tetapi akan sangat membantu siswa dalam studi Matematika mereka serta mata pelajaran lainnya.

Siswa harus diajari:

  • Kemampuan belajar
  • Bagaimana menjadi pendengar yang kuat
  • Bagaimana cara mengajukan pertanyaan?
  • Prosedur pemeriksaan
  • Estimasi sebagai alat pengecekan
  • Berbagai teknik pemecahan masalah
  • Prosedur pengaturan yang efektif
  • Bahwa jawabannya saja tidak cukup. Para siswa harus menjelaskan dalam bentuk Matematika tertulis bagaimana mereka mencapai jawaban mereka.
  • Bahwa seringkali ada lebih dari satu cara untuk memecahkan masalah
  • Pemahaman tentang konvensi pesanan
  • Teknik pemeriksaan

Berkomunikasi secara matematis adalah keterampilan yang perlu diajarkan. Ini melibatkan siswa yang diajari hal-hal berikut:

  1. Penggunaan istilah matematika yang benar termasuk ejaannya;
  2. Penggunaan yang benar dari semua simbol matematika;
  3. Pengaturan logis;
  4. Justifikasi setiap langkah jika diperlukan;
  5. Penalaran logis;
  6. Penggunaan gambar yang rapi dan jelas, diagram yang akurat dan tepat;
  7. Untuk bekerja secara vertikal ke bawah halaman untuk memudahkan pemeriksaan dan menghilangkan kesalahan dalam menyalin;
  8. Penerjemahan dari satu bentuk ekspresi ke bentuk ekspresi lainnya, misalnya data numerik/verbal ke diagram/tabel/grafik/persamaan, dan
  9. Penggunaan satuan yang benar dan tepat, misalnya luas, volume, dan sebagainya.

Terakhir, unduh rpp smp k13 Anda dapat memberi siswa Anda rasa kelas sekolah menengah dengan melakukan hal berikut. (Anda dapat menyebut saran ini sebagai Rencana Tindakan).

  • Atur ruang kelas Anda dengan meja dalam barisan dan ajarkan sejumlah pelajaran “Kapur dan Bicara”.
  • Bersikeras bahwa siswa bekerja sendiri saat melakukan latihan Matematika di lingkungan yang tenang.
  • Gunakan latihan buku teks.
  • Jalankan beberapa ujian formal dan waktunya dalam pengaturan kelas formal.
  • Lakukan latihan pemecahan masalah secara teratur. Yang dalam konteks asing sehingga mereka terbiasa dengan gagasan bahwa pemecahan masalah adalah peristiwa sehari-hari, bukan hanya yang muncul dalam penilaian.

Seperti yang saya singgung di judul artikel ini, ini adalah daftar keinginan guru Matematika SMA. Apa pun yang dapat Anda lakukan sebagai guru sekolah dasar untuk membantu mengembangkan daftar keinginan ini akan sangat dihargai oleh guru Matematika tetapi yang lebih penting akan membantu siswa untuk melangkah ke kerasnya Matematika sekolah menengah dengan lebih percaya diri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.