Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya
BangunSumatera.com – Fotovoltaik atau yang disebut panel surya merupakan perangkat listrik untuk mengubah energi cahaya menjadi energi listrik yang diubah oleh pengaruh fotovoltaik.

Cara kerja panel surya yakni terima cahaya matahari yang dikumpulkan, setelah cahaya matahari berikut terkumpul, panas cahaya matahari dapat dimanfaatkan untuk memanaskan cairan.

Apabila cairan itu menguap maka hasil uap dapat dipanaskan oleh generator supaya menghasilkan energi listrik. Penggunaan panel surya miliki sebagian berlebihan dan kekurangan seperti:

Kelebihan

Panel surya dianggap ramah lingkungan dan tidak pengaruhi pergantian iklim layaknya persoalan penggunaan bahan bakar fosil. Hal ini disebabkan panel surya tidak menghasilkan gas tempat tinggal kaca layaknya karbon dioksida.

Pemakaian panel surya gunakan energi matahari sebagai sumber energi utama yang paling melimpah untuk diubah menjadi listrik.

Panel surya tidak terlibat didalam polusi udara Lampu pju solar cell .
Harga panel surya tetap mengalami penurunan walau harus bersaing dengan penggunaan bahan bakar berasal dari fosil. Tidak harus belanja panel surya secara total yang diperlukan didalam kala sama. Pembeliannya sanggup dilaksanakan secara bertahap dan Anda tidak harus jalankan investasi besar sekaligus.
Panel surya miliki efisiensi tinggi dan masa pakainya sanggup menggapai 20 th. ke atas.
Membantu menghemat ongkos energi listrik didalam jangka panjang.
Kekurangan

Pemakaian panel surya tetap harus peningkatan efisiensi secara signifikan. Hal ini dikarenakan kapasitas cahaya matahari sanggup terbuang percuma tanpa pengolahan maksimal. Rata-rata penggunaan panel surya miliki efisiensi kurang lebih 20%.
Apabila proses pemasangan tidak benar, maka sanggup membuat overheating pada panel surya.
Perancangan panel surya terdiri atas sebagian bahan yang dianggap tidak ramah lingkungan.
Proses daur ulang pada panel surya yang sudah digunakan ulang sanggup membuat kerusakan lingkungan. Hal berikut dikarenakan panel surya punya kandungan sebagian zat beresiko layaknya selenium, kadmium, silikon, dan heksafluorida.
Penggunaan panel surya juga tergantung pada situasi cuaca.
Kebutuhan tempat yang luas untuk instalasi modul surya supaya meraih energi keluaran tinggi. Modul surya membawa efisiensi konversi rendah.
Manfaat panel surya:

Penggunaan panel surya dianggap hemat dikarenakan tidak perlu bahan bakar.
Pemasangannya sanggup dilaksanakan di mana saja cocok dengan kebutuhan. Jadi Anda sanggup memasang panel surya cocok keperluan.
Pemakaian panel surya sanggup diaplikasikan secara sentralisasi yang miliki arti pembangkit listrik tenaga surya disesuaikan dengan tempat dan listrik yang diperoleh dan tersalurkan melalui jaringan penyebaran ke lokasi-lokasi yang membutuhkan.
Penggunaan panel surya sanggup dilaksanakan secara otomatis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.