Ekstrakurikuler Basket : Kenali 5 Teknik Dasar Dalam Bermain Bola Basket

Ekstrakurikuler Basket : Kenali 5 Teknik Dasar Dalam Bermain Bola Basket

Halo Sobat Sekolah!!! Permainan bola besar merupakan salah satu cabang olahraga yang pernah dipelajari selagi sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Permainan bola besar terdiri berasal dari berbagai macam jenis, diantaranya Bola Basket, Sepak Bola, Bola Voli, Bola Futsal dan lain sebagainya.

Kali ini, terhadap laman sobatsekolah.com bakal mengupas tentang bola basket. Dimana permainan bola besar satu ini merupakan permainan yang dimainkan bersama cara membentuk sebuah regu yang berisikan lima orang.

Permainan bola basket punya komitmen bersama target memasukkan bola ke didalam ring lawan. Pemenang berasal dari pemain bola besar satu ini merupakan regu yang punya nilai atau poin terbanyak berasal dari tim lawan.

Bicara soal permainan ini, Indonesia punya sebuah organisasi atau klub yang dinamakan bersama Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI), PERBASI punya visi untuk menciptakan atlet Indonesia yang berkwalitas berasal dari berbagai kelebihan bersama kekuatan berkompetisi didalam siswa nasional dan internasional.

Lebih lanjut didalam permainan bola basket punya tehnik dasar mutlak yang perlu sahabat ketahui, layaknya yang dilansir berasal dari diantaranya yakni : Platform Pengembang Akademik dan Media Informasi

5 Teknik Dasar Dalam Bermain Bola Basket
1. Passing (Melempar Bola)
Dalam bermain bola basket perlu bisa melempar dan menangkap bola bersama benar dan tidak boleh asal-asalan. Melempar bola tidak hanya terkandung satu tehnik saja melainkan terkandung dua tehnik yang perlu diketahui diantaranya tersedia chest pass dan bounce pass.

Chest pass merupakan tehnik mengoper bola berasal dari dekat atau tehnik dasar lemparan bola bersama dua tangan ditunaikan berasal dari depan dada.

Basket
Foto : Teknik Chest Pass
Petunjuk latihan menggunakan tehnik Chest Pass, diantaranya : kedua tangan yang memegang bola dalam keadaan melayang adalah cara melakukan

Kedua telapak tangan di letakkan terhadap anggota samping bola di depan dada.
Kedua kaki terbuka bersama lutut sedikit ditekuk.
Bola didorong kedepan bersama kedua tangan.
Tangan diluruskan setelah bola terlepas, telapak tangan terbuka ke arah luar.
Kemudian tersedia Bounce Pass, tehnik melempar bola bersama cara dipantulkan bersama dua tangan ke lantai bersama titik pantul 2/3 berasal dari jarak teman atau tim.

Basket
Foto : Teknik Bounce Pass
Petunjuk latihan menggunakan tehnik Bounce Pass, diantaranya :

Kedua telapak tangan di letakkan terhadap anggota samping bola di depan dada.
Kedua kaki terbuka bersama lutut sedikit ditekuk.
Bola didorong ke depan bersama kedua tangan serta bola dipantulkan terlebih dahulu.
Tangan diluruskan setelah bola terlepas, setelah itu telapak tangan terbuka ke arah luar.

2. Catching (Menangkap Bola)
Selain itu, didalam bermain bola basket termasuk perlu menangkap bola bersama benar. Menangkap bola perlu dikuasai didalam permainan bola basket, sebab terhadap permainan ini keterampilan menangkap bola terlampau dibutuhkan agar bola tetap didalam penguasaan.

Berikut cara menangkap bola (catching) bersama baik, diantaranya :

Bola di terima kedua tangan bersama jari-jari terbuka dan pergelangan yang rileks.
Sikut dibengkokan dan bola tetap dekat bersama dada.

3. Dribbling (Menggiring Bola)
Bukan permainan bola basket namanya kalau dimainkannya tidak bersama digiring (drible). Dalam permainan bola ini para pemain perlu menguasai betul cara menggiring bola, adapun cara-cara yang perlu anda ketahui selagi menggiring bola, yakni :

Memantulkan bola ke lantai bersama satu tangan.
Mengontrol bola didalam genggaman jari-jari tangan, menjaga agar bola tidak bergerak tanpa arah.
Ketika bola dipantulkan, tangan perlu ikuti arah bola lantas langsung mungkin menempelkan telapak tangan terhadap bola.
Saat menggiring bola, siku tangan perlu lurus selagi pergelangan tangan dilenturkan. Tubuh tidak boleh terlampau tegak melainkan perlu didalam suasana setengah membungkuk, hal ini memiliki tujuan agar lebih enteng menggiring bola.
Kepala tegak lurus menghadap ke depan, hal ini untuk lihat lawan yang tersedia di depan mata.
Memanfaatkan kedua tangan didalam laksanakan dribbling bola, agar bola yang berada di tangan kami tak enteng direbut oleh lawan main. Dalam menggiring bola, pemain hanya boleh memantulkan bola ke lantai setelah laksanakan tiga cara pergerakan. Jika hal ini dilanggar maka bakal dianggap sebagai pelanggaran, dan bola bergeser ke bawah penguasaan tim lawan.

4. Pivot
Selanjutnya, tersedia tehnik Pivot. Pivot merupakan salah satu tehnik terhadap permainan bola basket. Dimana tehnik ini merupakan salah satu gerakan memutar badan bersama tertumpu terhadap satu kaki. Berikut merupakan tehnik pivot yang perlu sahabat ketahui.

Gunakan satu di pada kaki yang bakal dijadikan poros putaran badan.
Pertahankan kaki poros agar tidak bergeser atau terangkat selagi badan laksanakan putaran.
Setelah selesai laksanakan gerakan pivot langsung lagi terhadap sikap awal untuk laksanakan gerakan selanjutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.