Coinbase vs. Robinhood: Manakah Pialang Crypto yang Lebih Baik?

Perbandingan Coinbase dan Robinhood yang tepat tergantung pada layanan apa yang Anda cari. Robinhood mengikuti buku pedoman pialang saham tradisional. Melalui aplikasi, Anda dapat membeli saham dan dana yang diperdagangkan di bursa di pasar saham, tetapi juga memiliki menu mata uang kripto yang terbatas.

Coinbase, di sisi lain, hanya menawarkan cryptocurrency (tidak ada saham atau ETF di sini), dan lebih banyak lagi. Plus, Coinbase memiliki kemampuan yang dapat dianggap penting saat membeli crypto kemampuan yang saat ini tidak dimiliki Robinhood.

Biaya

Satu keuntungan yang dimiliki Robinhood dibandingkan Coinbase adalah biaya untuk membeli cryptocurrency. Di Robinhood, gratis. Anda dapat membeli dan menjual kripto sesering yang Anda inginkan tanpa biaya apa pun (dan aturan perdagangan pola hari yang ada untuk saham saat ini tidak ada untuk kripto). Anda masih harus membayar spread (selisih antara harga bid dan ask).

Perlu dicatat bahwa pada tahun 2020, perintah Securities and Exchange Commission menemukan bahwa Robinhood memberikan “harga perdagangan yang lebih rendah,” yang merugikan pelanggan $ 34,1 juta. Investigasi SEC adalah tentang pemasaran dan eksekusi Robinhood secara umum dan bukan perdagangan kripto secara khusus. Robinhood setuju untuk membayar $65 juta untuk menyelesaikan tuduhan tersebut.

Di Coinbase, ini tidak sesederhana itu. Coinbase memiliki struktur biaya yang sangat bervariasi, tergantung pada jumlah yang Anda beli dalam dolar AS dan cara Anda membayarnya. Misalnya, jika Anda membeli $100 dalam bitcoin dengan kartu debit, Anda akan membayar biaya sebesar 3,99%, atau $3,99. Jika Anda membayar dengan rekening bank yang ditautkan, biaya itu akan menjadi $2,99 tetap. Coinbase juga membebankan spread sekitar 0,5% untuk penjualan dan pembelian cryptocurrency; spread tersebut dapat berubah tergantung pada fluktuasi pasar.

Secara keseluruhan, biaya di Coinbase bisa membingungkan, dan sejujurnya, rasanya agak ketinggalan zaman untuk membayar per perdagangan ketika broker lain telah menjauh dari itu selama bertahun-tahun. Namun, pada awal 2022, Coinbase meluncurkan fitur setoran langsung yang memungkinkan pengguna mengalokasikan sebagian dari gaji mereka (baik USD atau kripto pilihan mereka) untuk masuk ke akun Coinbase mereka setiap periode pembayaran. Layanan ini benar-benar bebas biaya, dan pengguna dapat mengatur berapa banyak gaji mereka yang ingin mereka distribusikan ke Coinbase, baik sebagai jumlah dolar atau sebagai persentase.

Pemenang biaya: Robinhood.

Pilihan mata uang kripto

Di sinilah cryptocurrency terasa lebih seperti renungan untuk Robinhood, namun ini adalah roti dan mentega Coinbase. Di Coinbase, ada lusinan cryptocurrency yang dapat diperdagangkan, dan bahkan lebih banyak lagi yang dapat ditambahkan ke daftar pengawasan harga. Dan, Coinbase cukup sering menambahkan cryptocurrency baru yang dapat diperdagangkan.

Robinhood, di sisi lain, saat ini mendaftar tujuh.

Pemenang pemilihan Cryptocurrency: Coinbase.

Tip kutu buku: Mencari lebih detail? Baca ulasan lengkap kami tentang Robinhood atau Coinbase.

Kemampuan kripto

Ini adalah kategori lain yang Coinbase harus menangkan secara default: Robinhood adalah pialang saham yang mencoba-coba mengubah USD menjadi cryptocurrency, sementara Coinbase adalah pialang dan pertukaran cryptocurrency yang juga menawarkan dompet yang dihosting, serta dompet pribadi jika Anda menginginkannya.

Apa artinya? Menurut berita kripto hari ini, dengan Coinbase Anda memiliki opsi untuk membeli kripto dengan uang tunai, lalu menyimpan koin tersebut di dompet yang dihosting Coinbase. Atau Anda dapat mengirim koin tersebut ke Dompet Coinbase Anda sendiri, yang sepenuhnya terpisah dari aplikasi Coinbase. Ada juga pertukaran Coinbase Pro gratis, di mana Anda dapat dengan mudah menyetor koin dari dompet pribadi atau dompet Coinbase Anda, lalu menukarkannya dengan biaya yang jauh lebih rendah. (Pelajari lebih lanjut tentang dompet kripto).

Singkatnya, Coinbase adalah onramp yang sangat bagus untuk pengguna crypto baru, menawarkan kepada pengguna banyak kemampuan cryptocurrency yang diciptakan sejak awal.

Dengan Robinhood, banyak pengguna tidak dapat mengirim koin dari aplikasi, atau menerimanya dari dompet luar. Robinhood sedang dalam proses meluncurkan fitur dompet, dan pada bulan April 2022 memperkenalkan layanan untuk lebih dari 2 juta pengguna. Bagi mereka yang tidak termasuk dalam grup ini, satu-satunya pilihan Anda untuk saat ini adalah mengonversi USD Anda menjadi kripto, lalu mengonversinya kembali ke USD jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga apa pun.

Pemenang kemampuan Crypto: Coinbase.

Kemudahan penggunaan

Kedua aplikasi tersebut sangat intuitif, cepat, bersih, dan mudah digunakan, dan itu masuk akal: Kedua perusahaan memperoleh sebagian besar pendapatan mereka melalui volume transaksi. Semakin banyak orang membeli dan menjual, semakin banyak uang yang mereka hasilkan. Jadi, demi kepentingan terbaik mereka, ciptakan produk yang memikat pembelian dan penjualan, bahkan dalam jumlah kecil, dan mengurangi setiap gesekan yang ada dalam perjalanan untuk menekan tombol “beli”.

Hasil akhirnya adalah produk yang sangat baik untuk pemula dalam arti bahwa proses jual beli dipreteli sampai ke dasar-dasarnya; meskipun beberapa berpendapat bahwa sebenarnya tidak semudah ini bagi pemula untuk berdagang di aset spekulatif yang berisiko seperti cryptocurrency.

Coinbase Pro dapat terasa lebih seperti platform perdagangan menengah hingga lanjutan, tetapi jika Anda belum siap untuk memasukinya, platform Coinbase dasar tetap sangat mudah digunakan, selama Anda baik-baik saja membayar biaya tersebut. Dengan Robinhood, Anda tidak akan pernah benar-benar menemukan apa pun yang menyerupai platform perdagangan canggih.

Pemenang kemudahan penggunaan: Ini seri. Mereka berdua dirancang dengan sangat baik.

Jadi mana yang lebih baik, Robinhood atau Coinbase?

Dalam hal cryptocurrency, Coinbase adalah pemenang yang jelas di sini. Meskipun biayanya dapat membingungkan dan tinggi, opsi untuk berdagang di Coinbase Pro setelah Anda memiliki sedikit pengalaman dapat menurunkan biaya tersebut. Perdagangan gratis Robinhood bagus, tetapi itu tidak menutupi kekurangan kemampuan crypto (ketidakmampuan untuk mengirim dan menerima koin adalah kekurangannya yang paling parah) dan daftar pendek cryptocurrency untuk diinvestasikan.

Tetapi jika semua yang Anda pedulikan adalah berspekulasi tentang harga cryptocurrency dan Anda tidak berniat untuk benar-benar menggunakan koin dan token yang Anda beli maka Robinhood mungkin lebih cocok, mengingat perdagangan bebasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.