Cara terbaik untuk merekam audio di ponsel Anda

Dengan smartphone di saku Anda, Anda akan selalu memiliki perekam video dan audio yang mumpuni di dekat Anda. Menangkap audio di ponsel Anda dapat membantu Anda menyimpan wawancara, membuat podcast spontan, mencatat kuliah selama satu semester, dan sangat meningkatkan video rumah Anda.

Itu tidak berarti bahwa Anda perlu membawa studio suara lengkap ke mana-mana. Beberapa perubahan dapat membuat perbedaan besar pada kemampuan ponsel Anda untuk menangkap suara berkualitas tinggi. Cukup ubah beberapa pengaturan, unduh beberapa add-on yang dipilih dengan baik, dan investasikan dalam mikrofon portabel. Berikut Informasi Teknologi dari kami, adalah aplikasi dan gadget yang Anda perlukan.

Dasar-dasar audio yang bagus

Ponsel cerdas tidak memiliki mikrofon internal yang fantastis. Tetapi bahkan sebelum Anda mulai mengunduh aplikasi dan membeli produk, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk memaksimalkan kualitas audio yang masuk.

Pertama dan terpenting, ketahui di mana mikrofon ponsel Anda berada. Anda biasanya akan menemukannya di bagian bawah handset, tempat Anda berbicara, dan di dekat kamera. Selanjutnya, pastikan tidak ada casing, jari, atau perlengkapan lainnya yang menghalangi input ini. Setelah jelas, ingatlah untuk mengarahkannya ke sumber suara utama Anda.

Selain itu, perhatikan lingkungan tempat Anda merekam. Pengaturan yang cermat mungkin dapat mengurangi suara yang mengganggu seperti suara angin atau orang yang mengoceh di latar belakang. Anda tidak akan selalu punya waktu untuk memperbaiki area di mana Anda berencana untuk merekam, tetapi jika Anda melakukannya, cobalah untuk meningkatkan akustik dengan memperkuat suara yang ingin Anda tangkap dan meredam suara yang tidak ingin Anda rekam.

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti mendekati subjek Anda dapat membuat suara audio Anda jauh lebih baik daripada di kejauhan. Jika Anda sedang berbicara di depan umum, jangan mencoba merekam pembicara dari dua puluh baris ke belakang pindahkan diri Anda dan telepon Anda sedekat mungkin ke depan ruangan.

Terakhir, sebelum Anda mulai merekam di ponsel cerdas Anda, matikan perangkat atau masukkan ke mode pesawat. Anda tidak ingin mengganggu audio Anda sendiri dengan ping pesan baru atau getaran panggilan telepon masuk.

Aplikasi dan pengaturan

Mengingat keterbatasan perangkat keras mikrofon ponsel Anda, program perekaman khusus hanya dapat melakukan banyak hal. Itu sebabnya, untuk rekaman video, aplikasi kamera default ponsel Anda akan menangkap suara serta aplikasi pembuatan film lainnya. Namun, beberapa aplikasi audio saja memang menawarkan opsi dan pengaturan bermanfaat yang dapat Anda sesuaikan untuk memaksimalkan kualitas suara.

Di iOS, aplikasi Memo Suara bawaan dapat menangkap audio yang sangat bagus, dan Anda dapat meningkatkannya lebih jauh tidak hanya di dalam aplikasi itu sendiri. Sebagai gantinya, buka Pengaturan > Memo Suara > Kualitas Audio dan ubah kualitasnya menjadi Lossless .

Untuk kontrol lebih lanjut, Voice Record Pro (khusus iOS, gratis atau $7 untuk versi bebas iklan) menyediakan layar beranda tempat Anda dapat menyesuaikan berbagai pengaturan. Tinker dengan kontrol penguatan untuk menjaga distorsi seminimal mungkin, atau tingkatkan laju sampel, laju bit, dan kualitas enkode untuk meningkatkan ketepatan rekaman akhir Anda.

Yang juga perlu diperhatikan adalah Perekam Suara & Editor Audio (khusus iOS, gratis atau $5 untuk versi bebas iklan dengan format audio tambahan). Ini tidak memberi Anda kendali atas format output seperti halnya Voice Record Pro, tetapi mudah digunakan dan melakukan pekerjaan yang baik untuk mengelola banyak rekaman. Aplikasi ini juga akan menyalin audio ke teks untuk Anda…

Di Android, Titanium Recorder (khusus Android, gratis dengan iklan) menyediakan salah satu solusi terlengkap untuk pengambilan suara. Ketuk tombol menu (tiga titik) di kanan atas dan buka Pengaturan. Di sini, Anda dapat menyesuaikan laju sampel, laju bit, dan perolehan untuk menangkap detail sebanyak mungkin untuk audio yang direkam.

Pilihan bagus lainnya adalah Recforge II (khusus Android, gratis atau $3 untuk versi bebas iklan dengan rekaman yang lebih panjang), yang menggabungkan kontrol pengguna dengan pengaturan otomatis. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengonfigurasi format perekaman dan kecepatan bit dengan mengetuk tombol menu (tiga baris) di kiri atas dan membuka Pengaturan. Ini juga memungkinkan Anda memutuskan apakah aplikasi harus merekam melalui semua mikrofon ponsel yang Anda miliki atau hanya salah satunya. Dengan sendirinya, aplikasi dapat secara otomatis mengontrol pengaturan gain. Namun, jika Anda memilih versi gratis, Anda tidak dapat merekam klip apa pun lebih dari tiga menit untuk itu, Anda harus meningkatkannya.

Mikrofon

Menambahkan mikrofon eksternal adalah satu-satunya cara paling signifikan untuk meningkatkan kualitas suara yang ditangkap ponsel Anda. Jadi, jika Anda serius ingin memberikan video dan rekaman suara Anda audio tingkat atas, Anda harus berinvestasi dalam mikrofon terbaik untuk merekam.

Pertama, Anda harus memilih salah satu yang akan bekerja dengan telepon Anda. Itu berarti harus memiliki konektor Lightning jika Anda ingin menggunakannya dengan iPhone terbaru, dan memerlukan port USB-C untuk bekerja dengan sebagian besar ponsel Android modern. Sementara biaya mikrofon biasanya berfungsi sebagai indikator kualitas yang baik, beberapa faktor lain juga berdampak. Selain meninjau label harga pembelian potensial, periksa respons frekuensinya (rentang suara yang dapat didengarnya) dan kecepatan pengambilan sampel (ketepatan audio yang diambil).

Jika Anda terutama berencana untuk menyimpan suara orang yang sedang berbicara, carilah mikrofon pengarah, terkadang disebut mikrofon shotgun. Anda benar-benar dapat mengarahkan jenis perekam ini ke sumber audio untuk memilih satu kantong suara. Untuk merekam area yang lebih luas, mungkin jika Anda berencana untuk merekam film atau merekam suara orang banyak, maka mikrofon pengarah tidak terlalu diperlukan.

Untuk pidato, Sennheiser HandMic Digital genggam unggul dalam merekam wawancara, dan dihubungkan langsung ke iPhone. Untuk kehalusan yang lebih besar, cobalah mikrofon lavalier, yang dapat dijepitkan secara tidak mencolok ke kerah atau kemeja. Kami menyukai Saramonic LavMicro-UC, yang terhubung ke sebagian besar ponsel Android melalui USB-C.

Untuk menangkap rentang suara yang lebih luas, kami merekomendasikan Shure MV88, yang dilengkapi dengan aksesori windjammer untuk mengurangi kebisingan latar belakang siulan angin. Ini dihubungkan langsung ke port Lightning di iPhone Anda. Untuk opsi yang lebih murah, coba iRig Mic Cast. Meskipun berfungsi dengan baik, perangkat ini memerlukan jack audio 3,5 mm jika ponsel Anda tidak memilikinya, Anda memerlukan adaptor USB-C atau Lightning.

Jika Anda hanya membeli satu alat perekam audio, belilah mikrofon terbaik…tetapi Anda tidak harus berhenti di situ. Tripod portabel dapat menjaga ponsel Anda tetap stabil di lapangan. Dan semua jenis objek buatan sendiri atau dibeli yang menghalangi angin agar tidak mengenai mikrofon akan membantu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.