Cara Mengurangi Mata Minus yang Mudah Dilakukan

Cara Mengurangi Mata Minus yang Mudah Dilakukan

Sebuah otot yang berada terhadap organ tubuh kamu, jika jarang digunakan bakal jadi lemah. Kamu harus melatih dan menjaga otot-otot sehingga tetap didalam keadaan baik. Begitu pula dengan otot mata.

Berikut ini IDN Times bakal kasih anda beberapa tips atau cara mengurangi mata minus yang sanggup anda jalankan sehingga penglihatan anda sanggup normal kembali. Gampang kok! Simak yuk di bawah ini:

1. Hindari pemanfaatan mata yang berlebihan.
Mata terhitung harus istirahat. Tutup mata anda selama beberapa menit tiap-tiap 2-3 jam dan biarkan mata anda relaks sejanak.

Pijat mata anda dengan gerakan melingkar dan jalankan dengan lembut. Kamu sanggup pijat dengan mengikuti kronologis poin terhadap gambar di atas. Gunakan jari tengah dan telunjuk untuk menghimpit mata kamu.

Pandanglah sekililingmu atau memandang ke depan, jangan terlalu fokus dengan kakimu sendiri saat berjalan.

Mata minus atau rabun jauh adalah keadaan kelainan refraksi mata di mana seseorang tidak sanggup memandang dengan jelas sesuatu yang jaraknya terlalu jauh. Gangguan kesehatan ini sanggup berlangsung terhadap seluruh usia, Mom. Sehingga tak heran kecuali banyak orang kemudian mencari cara mengurangi mata minus Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami dan Cepat .

Meski bukan merupakan problem kesehatan yang berbahaya, mata minus sering kali mengganggu kesibukan sehari-hari Anda. Itulah sebabnya Mom harus langsung mengatasinya, baik secara alami maupun medis. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Cara mengurangi mata minus secara alami
Selain kenakan kacamata, banyak perihal lain yang sanggup Mom jalankan sendiri di rumah untuk mengatasi mata minus. Berikut beberapa cara mengurangi mata minus secara alami.

1. Konsumsi vitamin
Para pakar seringkali memberi saran vitamin A, B, C, D, hingga E yang di dalamnya terkandung nutrisi untuk menjaga kesehatan mata. Oleh gara-gara itu, mulailah sering mengonsumsi makanan kaya vitamin seperti tomat, apel, sayuran hijau, dan wortel. Sebab mengonsumsi vitamin merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami, Mom Klinik Gangguan Mata .

2. Bekerja di area terang
Melakukan pekerjaan seperti membaca, menulis, dan menggunakan laptop di area gelap sanggup menambahkan tekanan hebat terhadap mata Anda, lho.

Oleh gara-gara itu, diperlukan area dengan proses penerangan lumayan sehingga tidak menambahkan bayangan gelap yang sebabkan mata berupaya lebih keras untuk melihat. Langkah ini lumayan ampuh jadi cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi, lho.

3. Menjemur mata di pagi hari
Cara mengurangi mata minus seterusnya adalah menjemur mata secara rutin kala pagi hari. Mom hanya harus menutup ke-2 mata lalu arahkan ke arah sinar matahari hingga menjadi hangat. Jangan lupa untuk jalankan kesibukan ini di pagi hari ya Mom, sehingga sinar matahari yang didapatkan belum terlalu terik dan juga asupan vitamin D terhitung ikut terpenuhi.

4. Istirahat kala dari gadget
Mengistirahatkan mata kala dari gadget sudah tentu jadi cara mengurangi mata minus secara alami yang ampuh dilakukan. Di tengah kesibukan Anda menggunakan gadget, coba alihkan pandangan dari layar tiap-tiap 20 menit sekali kira-kira 20 hingga 30 detik.

Tak hanya itu, saat mengalihkan pandangan, biasakan terhitung untuk memandang objek yang mempunyai jarak lebih dari 50 mtr. ya, Mom Orthokeratology .

5. Beraktivitas di luar ruangan
Memperbanyak kesibukan di luar sanggup jadi salah satu cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi. Hal demikian gara-gara sinar di luar ruangan bakal membantu Mom menangkap dan memandang objek secara jelas. Sinar UV dari matahari terhitung sanggup menjaga wujud normal mata, lho.

Namun jangan terlalu terlalu berlebih ya, Mom. Sebab paparan sinar matahari yang terlalu berlebih justru berpengaruh terhadap kesehatan mata. Apabila Anda harus jalankan kesibukan di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung didalam kala lumayan lama, sebaiknya menggunakan kacamata hitam guna menjaga mata Anda.

6. Lakukan senam mata
Berdasarkan beberapa riset, senam mata terbukti efisien jadi cara mengurangi mata minus secara alami, Mom. Untuk melakukannya, Mom sanggup jalankan beberapa langkah sebagai berikut.

Duduk dengan nyaman
Letakkan ibu jari kira-kira 25 centimeter dari mata Anda dan fokuskan pandangan ke ibu jari tersebut
Jika sudah, cari objek sejauh 10 hingga 20 kaki dari pandangan Mom dan fokuslah menatap objek selama tidak cukup lebih 15 detik
Kembalilah fokus menatap ibu jari
Ulangi sebanyak 5 kali
Baca juga: 13+ Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon, Islam, Medis
Cara mengurangi mata minus menurut dokter
Selain dengan cara alami, dokter terhitung memberi saran beberapa cara mengobati mata minus lewat tindakan medis. Inilah cara mengurangi mata minus menurut dokter, Mom.

1. Operasi refraksi
Cara mengobati mata minus yang sanggup dikerjakan secara medis adalah dengan jalankan operasi refraksi. Berdasarkan laman National Eye Institute, ada dua type operasi yang paling umum dilakukan, yaitu PRK (photorefractive keratectomy) dan LASIK (laser in situ keratomileusis).

Kedua type operasi ini menggunakan teknologi laser dengan cara merubah wujud kornea mata sehingga sinar sanggup fokus ke retina.

Perlu diperhatikan bahwa operasi tidak tetap menambahkan hasil yang optimal ya, Mom. Sebab tiap-tiap prosedur operasi tentu mempunyai risiko dan pengaruh samping. Inilah pentingnya untuk berdiskusi lebih lanjut dengan dokter sebelum akan jalankan operasi.

2. Obat tetes mata
Penggunaan obat tetes mata yang mempunyai kandungan atropin dosis rendah dinilai lumayan efisien sebagai cara mengurangi mata minus menurut dokter. Atropin terhitung sanggup mengatasi komplikasi yang diakibatkan terapi mata minus ortho-k. Mom lumayan menggunakan obat ini dengan meneteskannya ke mata tiap-tiap hari.

3. Ortho-k
Ortokeratologi atau disingkat dengan ortho-k merupakan terapi mata minus yang mengharuskan seseorang tidur menggunakan lensa kontak tertentu tiap-tiap malam. Tujuan dari terapi ini adalah untuk merubah wujud lengkungan kornea dengan menambahkan tekanan sehingga bentuknya jadi rata.

Namun, cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi dengan terapi ortho-k terhitung mempunyai risiko dan pengaruh samping ya, Mom. Oleh gara-gara itu ortho-k tidak sanggup digunakan asal-asalan tanpa himbauan tenaga ahli.

4. Menggunakan kacamata atau lensa kontak
Menggunakan kacamata atau lensa kontak minus jadi cara mengurangi mata minus menurut dokter yang paling umum disarankan. Tujuan dari pemanfaatan lensa minus adalah sehingga sinar sanggup jatuh tepat di retina dan mengatur wujud bola mata. Ada baiknya untuk menggunakan lensa sesuai arahan dokter ya, Mom.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *