Cara Menghentikan Aplikasi Android Dari Memata-matai Anda Dengan DuckDuckGo

Perlindungan Pelacakan Aplikasi di DuckDuckGo dapat menghentikan semua aplikasi Android Anda dari memata-matai aktivitas Anda dan mengumpulkan data yang tidak Anda inginkan.

Setiap akses ke informasi pribadi pengguna di Android diatur oleh izin dan persetujuan yang mungkin mereka berikan ke aplikasi pada saat penginstalan. Namun, izin ini tidak mewakili skala penuh kebocoran informasi pribadi yang dijalankan oleh perpustakaan pelacak.

Pelacak adalah modul pihak ketiga yang dibangun ke dalam aplikasi untuk melacak keterlibatan pengguna, bug dan kerusakan, menayangkan iklan dalam aplikasi, dan memantau kinerja pendapatan dari pustaka iklan terintegrasi. Karena layanan ini beroperasi di latar belakang, mereka tidak memberikan petunjuk visual dan melacak Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Kami akan menunjukkan cara menghentikan aplikasi ini agar tidak memata-matai dengan browser DuckDuckGo.

Bagaimana Aplikasi Seluler Melacak Anda?

Selama bertahun-tahun, banyak penelitian telah dilakukan untuk menganalisis praktik privasi aplikasi seluler dan perpustakaan pelacakan. Sebuah studi baru-baru ini tentang peran aplikasi, pelacak, dan privasi dalam ekosistem pelacakan seluler menunjukkan bahwa banyak dari layanan ini mengumpulkan, memproses, dan berbagi data perilaku dengan perusahaan pihak ketiga. Dan itu terjadi tanpa sepengetahuan Anda atau persetujuan eksplisit.

Berikut adalah beberapa perpustakaan pelacak umum:

  • Laporan kerusakan: Pustaka ini membantu pengembang melacak bug dan kerusakan dalam aplikasi. Contohnya termasuk Bugsense dan Crashlytics.
  • Analytics: Pustaka ini memantau perilaku dan keterlibatan pengguna, serta kinerja pendapatan dari pustaka iklan. Mereka termasuk Google Firebase, Flurry, Google Analytics, Amazon Insights, dan banyak lagi.
  • Modul iklan: Pustaka ini menayangkan iklan dalam aplikasi dan dapat mengumpulkan informasi pribadi untuk menyediakan iklan hasil personalisasi yang memiliki masalah privasi.
  • Jejaring sosial: Perpustakaan ini mengintegrasikan SDK media sosial, seperti Facebook dan Twitter, untuk berbagi konten atau pendaftaran aplikasi.

Jelas, ini memiliki konsekuensi langsung terhadap privasi pengguna. Kurangnya transparansi secara umum dalam ekosistem seluler membuat pengguna tidak mengetahui pelacak pihak ketiga ini dan sejauh mana mereka mengumpulkan dan mengumpulkan data.

Data ini memungkinkan perusahaan teknologi besar seperti Facebook dan Google untuk membangun profil digital dan memanipulasi apa yang Anda lihat secara online, menargetkan Anda dengan iklan yang dipersonalisasi, dan bahkan menjual data Anda.

Siapkan Perlindungan Pelacakan Aplikasi di Browser DuckDuckGo

DuckDuckGo Privacy Browser (Gratis) menyertakan fitur “Perlindungan Pelacakan Aplikasi” untuk mengekspos pelacak dari perusahaan pihak ketiga di aplikasi yang telah Anda instal dan memblokirnya.

Untuk menyiapkan Pelacakan Aplikasi, buka aplikasi, navigasikan ke Pengaturan dan aktifkan Perlindungan Pelacakan Aplikasi . Saat Anda melakukan ini, Anda akan diminta untuk mengatur koneksi VPN di ponsel Anda. Namun, Anda tidak perlu menginstal aplikasi VPN. Ini hanya meminta izin Anda untuk mengizinkan Perlindungan Pelacakan Aplikasi bekerja secara lokal di perangkat Anda, memantau lalu lintas jaringan, dan memblokir pelacak yang dikenal.

Bagaimana Cara Kerja Perlindungan Pelacakan Aplikasi di Android?

Saat Anda meluncurkan aplikasi, aplikasi mencoba membuat layanan VPN melalui API bawaan OS Android. Tujuan VPN adalah untuk merutekan ulang lalu lintas.

Saat Anda mengaktifkan fitur Perlindungan Pelacakan Aplikasi, lalu lintas dirutekan secara lokal di perangkat Anda (berada di antara aplikasi dan server) dan melewati serangkaian filter. Jika domain yang diminta ada dalam daftar filter tersebut, koneksi akan diblokir. Akibatnya, pelacak tidak akan dapat mengirim informasi dari perangkat Anda.

Semua lalu lintas lainnya mencapai server tujuan, sehingga aplikasi Anda bekerja secara normal. Seluruh mekanisme peringatan VPN adalah satu-satunya alasan bagaimana DuckDuckGo Browser bekerja di halaman web dan aplikasi.

Android hanya mengizinkan satu koneksi VPN aktif pada satu waktu, jadi Anda tidak dapat menggunakan Perlindungan Pelacakan Aplikasi jika Anda sudah menggunakan VPN di ponsel Anda.

Lihat Pelacak Mana Yang Diblokir (dan Aplikasi Mana Mereka Berada)

Layar Aktivitas Terbaru memberikan perincian pelacak yang diblokir di setiap aplikasi baru-baru ini, dengan data dari minggu lalu.

Jika ada masalah yang Anda hadapi dengan aplikasi tertentu, gulir ke bawah dan ketuk Kelola Perlindungan untuk Aplikasi Anda untuk menonaktifkan perlindungan untuk aplikasi tertentu itu atau laporkan masalahnya ke pengembang. Kami menyarankan Anda mengaktifkan semua aplikasi terlebih dahulu dan melihat apakah semua fungsi aplikasi itu terus berfungsi.

Sampai sekarang, pemblokir tidak menunjukkan data apa yang coba dikirim oleh setiap pelacak, atau daftar pelacak terperinci dengan deskripsi. Tetapi jika Anda tertarik, dan ingin menyelidiki aplikasi tertentu, kunjungi situs web Exodus Privacy dan ketik nama aplikasi Anda untuk menampilkan detail setiap pelacak dan izin.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang Izin Android

Perlindungan Pelacakan Aplikasi adalah fitur baru yang dibangun langsung ke dalam aplikasi browser. Ini mengekspos pelacak yang dikenal dan tidak dikenal, dan memberi Anda hak untuk mengetahui tentang perusahaan pihak ketiga yang mengawasi Anda.

Namun, penting juga untuk memiliki pemahaman menyeluruh tentang izin Android dan apa yang dapat mereka lakukan. Baca panduan terperinci kami tentang cara kerja izin di Android. Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi irrawaddymedia.com, agar mendapatkan informasi lebih lengkap.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.