Cara Mengatasi Aplikasi di Android yang Sering Force Close

Cara Mengatasi Aplikasi di Android yang Sering Force Close

Force close atau dikenal juga dengan istilah crash, merupakan kondisi di mana saat pengguna smartphone menjalankan sebuah aplikasi selanjutnya secara tiba-tiba aplikasi berikut tertutup.

Hal itu umum dijumpai didalam aplikasi fasilitas sosial hingga game dengan ukuran besar.

Aplikasi jadi komponen teknologi yang kian sukar dipisahkan dari kehidupan masyarakat, mengingat kini beberapa besar fasilitas sudah merambah digital, khususnya seiring dengan perkembangan smartphone yang kian andal didalam menampung dan mengoperasikan aplikasi.

Mungkin beberapa kali pengguna smartphone mengalami halangan didalam memanfaatkan aplikasi, tidak jikalau aplikasi di perangkat Android, keliru satunya aplikasi tertutup secara mendadak atau disebut dengan istilah force close.

Menurut account Instagram Kemenkominfo, terdapat beberapa penyebab berlangsung force close pada aplikasi di smartphone decorvills.net .

Beberapa penyebab force close pada lain file cache aplikasi yang menumpuk dan kudu dibersihkan, terdapat bug yang sebabkan aplikasi bermasalah, RAM smartphone yang penuh, dan proses operasi ponsel yang tidak sesuai dengan aplikasi.

Umumnya, saat aplikasi tertutup secara mendadak ini disertai dengan kemunculan pesan di layar perangkat, menampilkan kalimat “Unfortunately…(nama aplikasi) has stopped”.

Saat hal ini terjadi, pengguna hanya mampu menghimpit tombol OK dan aplikasi bakal tertutup.

Nah, dibawah ini kami rangkum sejumlah alasan dan cara mengatasi force close pada Android.

Penyebab sering keluar force close di aplikasi Android
Sebelum mengupas cara mengatasi force close pada Android, ada baiknya khususnya dahuli Anda memahami apa saja penyebab munculnya force close tersebut. Berikut informasinya:

1. Aplikasi bermasalah
Penyebab force close pada aplikasi Android dimungkinkan disebabkan oleh persoalan yang dialami aplikasi tersebut. Aplikasi ini berpeluang miliki bug yang mampu mengganggu pengalaman penggunaan.

Untuk mengatasi persoalan ini, pengguna mampu jalankan update ke versi baru dari aplikasi ini.

Namun jikalau update tidak tersedia, pengguna direkomendasi untuk tidak memanfaatkan aplikasi, atau langsung menghapus atau uninstal aplikasi dari perangkat.

2. File cache menumpuk
Penyebab lainnya dari persoalan aplikasi ini juga mampu disebabkan oleh banyaknya file cache atau file sampah dan tidak terpakai tersimpan di perangkat.

Karenanya, pengguna direkomendasi untuk membersihkan cache di ponsel secara rutin, supaya meminimalisir penumpukan file sampah ini dan mencegah efek gangguannya pada kinerja ponsel.

3. RAM penuh
Penyebab lain yang mampu jadi penyebab aplikasi tertutup secara paksa, yaitu RAM yang berlebihan beban atau penuh. Hal ini barangkali berlangsung pada perangkat Android dengan bekal RAM berkapasitas kecil dan aplikasi yang dibuka berukuran besar.

Tidak hanya aplikasi berukuran besar, mengakses aplikasi didalam kuantitas besar secara nyaris seiring juga berpeluang sebabkan RAM tidak mampu mengatasi aplikasi yang pengguna akses.

Cara mengatasi force close pada Android
Jika tidak langsung diatasi maka bakal menyebabkan persoalan baru bahkan menyebabkan kerusakan smartphone Anda.

Oleh karena itu, Anda kudu memahami cara mengatasi force close tersebut. Berikut cara mengatasi force close pada smartphone Android layaknya dikutip Android Authority.

1. Bersihkan Cache
Setiap Aplikasi Ketika menemui kasus force close di aplikasi tertentu, Anda mampu membersihkan cache pada aplikasi tersebut. Caranya memadai gampang yaitu sebagai berikut.

– Akses menu Settings khususnya dulu

– Selanjutnya menentukan Application Management

– Lalu menentukan aplikasi yang mendambakan Anda membersihkan cache-nya.

– Kemudian Clear Cache.

Dengan jalankan cara tersebut, kasus force close mampu teratasi. Namun, jikalau masih bermasalah, Anda mampu menghapus Clear Data untuk menghapus semuanya, selanjutnya masuk kembali ke aplikasi tersebut.

2. Install Ulang Aplikasi yang sering Force Close
Jika aplikasi pada smartphone Android Anda sudah tidak mampu dilakukan secara normal, maka Anda mampu jalankan install kembali aplikasi.

Caranya mudah, Anda hanya kudu uninstall aplikasi yang bermasalah. Pilih apikasi yang mendambakan Anda uninstall langsung pada apps drawer, atau Anda mampu akses menu setting selanjutnya menentukan aplikasi yang mendambakan Anda gunakan. Selanjutnya, Anda cari aplikasi yang sama di Google Play Store dan kembali menginstalnya.

3. Restart Smartphone
Cara mengatasi force close pada Android paling simple adalah dengan me-restart smartphone Anda.

Dengan demikian, secara tidak langsung Anda sudah jalankan soft reset supaya smartphone Anda siap dipakai kembali.

Sebaiknya restart smartphone Android Anda secara rutin supaya performanya selalu terjaga.

4. Factory Reset
Jika ketiga cara mengatasi force close pada Android berikut sudah dilakukan, namun aplikasi Android Anda masih mengalami force close, Anda mampu jalankan factory reset.

Sebelum jalankan factory reset, Anda kudu jalankan backup information khususnya supaya information Anda tidak hilang sehabis jalankan factory reset.

Cara jalankan factory reset juga memadai mudah, Anda hanya kudu akses menu setting, selanjutnya menentukan factory reset.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.