Cara Memindai Kode QR di Perangkat Samsung Galaxy

Berikut adalah empat cara berbeda untuk memindai kode QR di ponsel Samsung.

Kulit perangkat lunak One UI Samsung telah menjadi favorit penggemar bagi banyak pengguna Android.

Dilangsir  dari efyei.com, selain menawarkan pembaruan perangkat lunak yang cepat dan keamanan Samsung Knox, itu juga sangat kaya fitur yang berarti Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tidak dapat diandalkan untuk melakukan tindakan yang sama.

Salah satu fitur yang sudah diinstal sebelumnya pada semua perangkat Samsung adalah pemindai kode QR. Dengannya, Anda dapat dengan mudah memindai dan membaca kode QR apa pun untuk mengambil tindakan cepat seperti melakukan pembayaran, mengirim pesan, membuka halaman web, dan banyak lagi. Mari kita lihat bagaimana fitur ini bekerja dan bagaimana Anda dapat memindai kode QR di perangkat Samsung Anda.

Apa Itu Kode QR? Bagaimana mereka bekerja?

Kode QR, kependekan dari kode Respon Cepat, adalah jenis kode batang yang memiliki informasi yang dapat dibaca mesin yang dikodekan di dalamnya. Tidak seperti barcode standar di mana data dikodekan dalam jarak antara garis vertikal, kode QR menyimpan data dalam susunan kotak. Ini membantu menambahkan dimensi kedua ke pola dan memungkinkannya menyimpan lebih banyak data daripada kode batang standar—Anda bahkan dapat melakukan hal-hal menyenangkan dengan kode QR .

Kode QR juga lebih cepat daripada kode batang standar; Anda pasti pernah melihat yang pertama memiliki kotak hitam putih di tiga sudut kode. Ini disebut penanda posisi atau pola pencari, dan membantu pemindai seperti kamera Android atau iPhone Anda mengidentifikasi kode QR dan orientasinya secara akurat untuk pemindaian yang lebih cepat.

Ada beberapa cara Anda dapat memindai kode QR di ponsel atau tablet Samsung Anda. Mari lihat.

1. Cara Memindai Kode QR Menggunakan Samsung QR Scanner

Cara termudah untuk memindai kode QR pada perangkat Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi di panel Pengaturan Cepat.

  1. Gesek ke bawah dari panel notifikasi untuk mengakses Pengaturan Cepat Anda dan pilih Pindai kode QR .
  2. Setelah aplikasi kamera diluncurkan, arahkan ponsel Anda ke kode QR yang ingin Anda pindai. Jika terlalu gelap, Anda dapat menggunakan tombol senter untuk menambah visibilitas.
  3. Setelah dipindai, pilih dari opsi seperti Lihat teks lengkapCari webBuka di browser, atau Salin . Tergantung pada info pada kode QR, opsi yang ditampilkan mungkin berbeda.

2. Cara Memindai Kode QR Menggunakan Aplikasi Kamera Samsung

Bergantung pada versi One UI yang Anda gunakan, perangkat Samsung Anda mungkin dapat memindai kode QR langsung dari jendela bidik di aplikasi kamera, tetapi Anda harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu jika belum.

  1. Luncurkan aplikasi Kamera dan buka Pengaturan Kamera .
  2. Aktifkan Pindai kode QR .
  3. Kembali ke jendela bidik dan arahkan kamera Anda ke kode QR untuk memindainya.

Selain memindai kode yang akan Anda temukan di dunia nyata, Anda juga dapat memindainya dalam gambar di galeri ponsel Anda.

  1. Gesek ke bawah dari panel notifikasi untuk mengakses Pengaturan Cepat Anda dan pilih Pindai kode QR .
  2. Setelah aplikasi kamera diluncurkan, ketuk ikon Galeri .
  3. Pilih gambar kode QR dari galeri Anda dan ketuk Selesai .
  4. Perangkat Anda akan menggunakan Bixby Vision untuk memindai kode QR dari gambar dan memberi Anda hasil yang relevan.

4. Cara Memindai Kode QR Menggunakan Browser Internet Samsung

  1. Luncurkan browser Internet Samsung.
  2. Ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal) di bagian bawah.
  3. Buka Pengaturan > Tata Letak dan menu > Sesuaikan menu.
  4. Seret dan lepas ubin pemindai kode QR ke menu dan kembali.
  5. Ketuk menu hamburger lagi dan pilih pemindai kode QR untuk meluncurkannya.

Saat memindai kode QR di Samsung Internet, browser akan secara otomatis membuka tautan yang tertanam di dalam kode, yang membuat keseluruhan proses sedikit lebih cepat.

Gunakan Samsung QR Scanner untuk Mengambil Tindakan Cepat

Kode QR sangat umum di dunia saat ini; Anda mungkin pernah melihatnya di mal, restoran, portal belanja online, dan toko lokal. Banyak media sosial dan platform perpesanan seperti WhatsApp dan Discord juga menggunakan kode QR untuk membantu pengguna masuk dengan cepat ke akun mereka di desktop.

Sementara pengguna Android lainnya mungkin mengandalkan Google Lens atau aplikasi pihak ketiga, perangkat Samsung dilengkapi dengan pemindai QR yang sudah diinstal sebelumnya yang berfungsi dengan sangat baik; itu cepat, akurat, dan nyaman.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.